Satu Per Satu Merek Motor Italia Bangkrut
Satu Per Satu Merek Motor Italia Bangkrut

Setelah MV Agusta terlilit utang, satu lagi merek motor asal Italia yang dinyatakan tak berdaya menghadapi persaingan. Benelli kini menyusul setelah mengemban status bangkrut karena terlibat masalah yang sama.

Dilansir ilfattoquotidiano.it, Sabtu(30/7/2016), merek yang berdiri sejak 1911 itu harus tunduk dengan putusan pengadilan wilayah Pesaro, Italia. Benelli gagal membayar utang kepada pemasok suspensi merek WP Suspension dengan nilai 120.000 euro atau setara Rp 1,7 miliar.

Utang sebesar itu harus dibayar hingga batas waktu yang ditentukan pengadilan, yakni 26 September 2016 mendatang. Akibat dari putusan ini, sejumlah motor Benelli yang seharusnya dikirim ke diler disita pengadilan.

Benelli pun membela diri. Juru bicara perusahaan membantah perusahaan sedang kolaps. Benelli, seperti dikatakan, saat ini memiliki aset yang cukup untuk membayar utang. Pihak dari salah satu merek tertua di Italia ini pun menyatakan bahwa vonis hakim terlalu mengada-ada.

Putusan hakim didasari atas kondisi keuangan perusahaan yang selalu mengalami defisit setiap tahun. Pada 2015 misalnya, angka defisit perusahaan mencapai 5,7 juta euro atau setara Rp 83 miliar. Tahun sebelumnya, mereka juga mengalami masalah serupa, meski jumlahnya masih bisa ditoleransi.

source: kompas.com

LEAVE A REPLY