Rizal Ramli: Pemimpin Saat ini Tidak Mengerti Arti Pancasila,Jadi Tidak Perlu Sok Pidato Tentang Pancasila
Rizal Ramli: Pemimpin Saat ini Tidak Mengerti Arti Pancasila,Jadi Tidak Perlu Sok Pidato Tentang Pancasila

Mantan Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli tahun ini memilih untuk upacara sederhana bersama warga Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (17/8/2016).

Pada kesempatan itu juga, dalam pidatonya Ramli sempat menyindir pembangunan Jakarta yang selalu mengorbankan warga. Dia menyebut bahwa warga Ibu Kota sejatinya belum merdeka karena dibayang-bayangi tangisan atas ancaman penggusuran.

Oleh karena itu, dia menyebutkan bahwa pemimpin saat ini belum dapat dikatakan mengamalkan secara penuh arti Pancasila.

“Kami ingin mengatakan kepada pemimpin saat ini, jangan sok pidato mengenal Pancasila, kalau kelakuannya terhadap warganya jauh dari amanat Pancasila,” katanya.

Rizal pun menyinggung keadilan yang menurutnya tidak ditunaikan oleh pemimpin. “Apakah penggusuran sesuai dengan amanat sila yang Pertama? Terlebih untuk sila kedua apakah dengan adanya penggusuran mengandung asas keadilan yang beradab?,” ungkap Ramli.

Sontak warga yang saat itu mengikuti upacara riuh menyebutkan kata tidak. Ramli pun meneruskan pembacaan butir-butir Pancasila yang menurutnya jauh dari realita yang dialami warga korban penggusuran dengan dalih pembangunan.

“Kalau kita jauh dari cita-cita pancasila apakah layak dikatakan negara ini sudah merdeka? Harusnya pemimpin ingat yang digusur ini keluarga bukan binatang. Di negara lain itu menggusur binatang jadi masalah,” ungkap Ramli.

source: rimanews.com

LEAVE A REPLY