Laporan Pertandingan Wales 3-1 Belgia
Laporan Pertandingan Wales 3-1 Belgia

Kejutan Wales di Euro 2016 berlanjut setelah menyingkirkan salah satu tim unggulan, Belgia, dan memastikan diri lolos ke semi-final untuk menantang Portugal.

Kejutan Wales di Euro 2016 terus berlanjut. Anak asuh Chris Coleman berhasil menyingkirkan salah satu tim unggulan, Belgia, saat bertemu dalam perempat-final di Stade Pierre-Mauroy, Jumat (1/7).

Inisiatif menyerang diperagakan oleh Belgia sejak kick-off babak pertama. Tembakan Yannick Ferreira Carrasco masih dapat digagalkan oleh penjaga gawang Wales, Wayne Hennessey, saat laga baru berjalan tujuh menit.

Kemelut terjadi, bola liar bertubi-tubi coba disambar oleh Thomas Meunier dan Eden Hazard. Namun, pertahanan rapat Wales yang digalang oleh Ashley Williams dan rekan-rekan masih teruji.

Wales bukan tanpa peluang. Akan tetapi, Hal Robson-Kanu dan Gareth Bale belum mampu mengarahkan bola tepat ke gawang Belgia yang dijaga oleh Thibaut Courtois.

Belgia unggul lebih dulu pada menit ke-13. Mendapat operan Hazard, Radja Nainggolan melepaskan tembakan jarak jauh yang melaju deras ke pojok kiri gawang Wales tanpa mampu dibendung oleh Hennessey.

Setelah unggul, Wales tampil lebih percaya diri. Sepakan mendatar Neil Taylor masih terlalu lemah untuk menaklukkan Courtois pada menit ke-26.

Wales sukses mencetak gol penyeimbang saat laga berjalan setengah jam. Umpan Aaron Ramsey dari sepak pojok dimaksimalkan oleh Williams dengan tandukan kerasnya.

Dua peluang Wales lainnya harus kandas setelah upaya Bale dan Robson-Kanu mampu diantisipasi oleh Courtois. Hennessey juga mampu menggagalkan peluang Belgia melalui sundulan Toby Alderweireld dari situasi sepak pojok.

Hasil imbang 1-1 mewarnai papan skor saat turun minum.

Belgia kembali menekan wilayah pertahanan Wales usai babak kedua dimulai. Dari tiga peluang yang masing-masing didapatkan oleh Romelu Lukaku, Kevin De Bruyne dan Hazard, tidak satu pun yang tepat sasaran.

Justru Wales yang akhirnya memanfaatkan kelengahan Belgia pada menit ke-55. Setelah menerima umpan Ramsey, Robson-Kanu melakukan gerak tipu yang membuat tiga pemain Belgia terperangah sebelum menaklukkan Courtois di kotak penalti Belgia.

Williams nyaris mencetak gol keduanya ke gawang Belgia, namun sundulannya berhasil diredam oleh Courtois. Belgia balik mengancam dengan tendangan bebas De Bruyne, tetapi bola mengarah tepat ke pelukan Hennessey.

Baru masuk lima menit menggantikan Robson-Kanu pada sisa 10 menit pertandingan, Voakes akhirnya melengkapi penderitaan Belgia. Dia menyambut umpan silang Chris Gunter dengan sundulan, bola masuk ke gawang Belgia tanpa mampu dijangkau oleh Belgia.

Wales yang baru pertama kali tampil dalam putaran final Euro memastikan kemenangan 3-1 atas Belgia saat wasit meniup peluit panjang pada akhir babak kedua. Wales bakal menantang Portugal di semi-final.

LEAVE A REPLY