Jokowi Tarik Rp 3.000 Triliun Uang Indonesia, Singapura diPastikan Bangkrut
Jokowi Tarik Rp 3.000 Triliun Uang Indonesia, Singapura diPastikan Bangkrut

Pemerintah saat ini sedang mewacanakan untuk menerapkan program pengampunan pajak (tax amnesty). Hal itu untuk menggenjot penerimaan negara melalui pajak.

Pengamat Ekonomi Aviliani menilai program tax amnesty membuat banyak negara berupaya agar uang dari Indonesia yang mampir ke negara lain, tidak kembali ke tanah air. Pasalnya sebagian besar uang yang dibayarkan Wajib Pajak (WP) disimpan di luar negeri.

Aviliani menyebut saat ini Singapura berupaya keras agar uang milik masyarakat Indonesia tidak keluar dari negaranya. Pasalnya jika uang yang berada di negara tetangga bisa kembali ke tanah air, otomatis hal tersebut membuat Singapura anjlok pertumbuhan ekonominya.

“Rp 3.000 triliun uang (indonesia) ada di Singapura. Jika kembali masuk ke Indonesia, Singapura langsung jatuh,” ujar Aviliani di Seminar Perpajakan, Kamis (10/3/2016).

Saat ini Singapura mencari segala cara agar uang dari Indonesia, bisa terus disimpan di negaranya. Salah satu hal yang ditawarkan Singapura itu adalah kewarganegaraan bagi yang tinggal satu rumah dengan warga Singapura.

“Singapura menawarkan kalau satu atap bisa jadi warga negara sana,” kata Aviliani.

Aviliani memaparkan jika banyak warga negara Indonesia pindah di Singapura, otomatis uang yang diincar untuk penerimaan pajak tidak kembali ke tanah air.

“Jika diberlakukan tax amnesty, uangnya susah jadi balik,” kata Aviliani.

source: Tribunnews.com

15 COMMENTS

  1. Apasih arti negara kecil tu klo tidak ada uang haram yg mereka dapat dari negara tetangga. Moga2 yg banyak simpan uang di LN cepat sadar dan bisa menumbuhkan rasa nasionalisnya di nkri

  2. blm tentu bos. SG aja tarik duit Rp 1-2 T dari korupsi 1MBD (milik malaysia) bgmn kondisi malaysia?? blm tentu bangkrut

    • Bang itu baru 1-2 T. Triliun angka 0 ( Nol ) nya ada brapa? Coba deh bang Rp. 3.000 + angka 0 (Nol) di triliun. Bisa di bayangkan ga berapa bnyak itu?
      Yg di maksud itu
      Rp. 3.000.000.000.000.000,-

  3. aiyaaa.. omong kosong lah, meskipun jatuh juga sementara ahja, kekuatan sebenar singapura itu d kualitas sdm dan pemerintahan bersih. Selagi indo tk bs bersaing di 2 hal itu, tax amnesty mcm painkiller buat org sakit tumor ahja… efek jangka pendek doank.

  4. Presiden lantas menguraikan, misalnya 10 tahun itu sudah menjadi Rp 3000 triliun, lebih besar dari anggaran yang dibutuhkan untuk membangun kereta api, jalur kereta dari seluruh Indonesia, dari Aceh sampai Papua sebesar Rp 360 triliun. Berpuluh tahun tidak bisa kita bangun karena kita memberikan subsidi yang Rptriliun tadi itu. Kalau hanya dihitung 10 tahun, kalau 20 tahun sudah menjadi Rptriliun. Betapa sudah kita hambur-hamburkan itu, dan kita tidak sadar inilah yang ingin kita hentikan untuk dilarikan ke sektor produksi, terang Jokowi.

LEAVE A REPLY