Inilah Markas Tim Rossi dan Lorenzo di Italia
Inilah Markas Tim Rossi dan Lorenzo di Italia

Rombongan Yamaha Racing Indonesia (YRI) berkesempatan untuk mengunjungi markas tim MotoGP Yamaha Motor Racing (YMR) yang berada di kota Lesmo, Italia. Agenda ini ada kaitannya dengan terpilihnya pebalap muda YRI, Galang Hendra dan Imanuel Pratna untuk mengikuti pelatihan VR46 Riders Academy.

Ternyata, untuk berkunjung di markas YMR ini tidak gampang, cuma orang-orang khusus, itu pun harus melalui persetujuan sebelumnya. ”Hanya kalangan terbatas, mulai distributor Yamaha di seluruh dunia, sponsor, dan partner MotoGP. Itupun melalui proses konfirmasi,” kata William Favero, Marketing & Communication Manager YMR.

Ketatnya orang yang berkunjung ada hubungannya juga dengan berbagai rahasia dapur yang memang tidak untuk konsumsi publik. Orang-orang di sana akan sangat sibuk jelang event MotoGP, bahkan kerja mereka dilaporkan semalaman.

Basecamp YMR ini berada di lahan seluas 12.000 m2 dengan bangunannya terdiri yang dari 2 lantai. YMR berdiri sejak 1999, saat itu di Belanda, lalu pindah ke Italia sejak 2002. Lokasi tepatnya, sekitar 60 km dari Bandara Internasional Malpensa, Milan, atau hanya berjarak kisaran 5-6 km dari Sirkuit Monza.

Adapun dua lantai YMR terdiri dari lantai 1 yang merupakan Main Hall, Gudang Part, dan Engine Dept. Sedangkan lantai 2 adalah bangunan Headquarter for Yamaha MotoGP Operation.

1051147Yamaha-Motor-Racing-2.jpg.psd-780x390

Saat memasuki lobi depan atau area resepsionis, pengunjung disuguhi display pacuan Yamaha YZR-M1 Rossi tahun ini (2016). Bagaimanapun juga, Rossi punya ikon tersendiri atas prestasi yang dia raih bersama Yamaha.
Pada sisi kanan dan kiri terpanjang LED TV yang memuat animasi Rossi. Terlebih, saat YRI berkunjung, disuguhi pula gambar para pebalap Asia yang diajak mengikuti training di VR46 Riders Academy.

Menariknya, ada beberapa ruang meeting yang dinamai legenda balap Yamaha. Misalnya Wayne Rainey atau Giacomo Agostini. Di area main-hall, terpajang berbagai pacuan jawara yang telah membawa Yamaha merebut gelar juara MotoGP.

Diantaranya sejak Rossi meraih jawara MotoGP di 2004 ataupun sebelumnya. Temasuk yang diukir Jorge Lorenzo pada 2015 lalu. Juga terpampang kuda besi dengan livery khusus saat peringatan 60 tahun Yamaha.

Main hall ini berujung pada pintu menuju ruangan Engine Dept. dan parkir Truck MotoGP, kira-kira seluas lapangan basket. Ruangan ini benar-benar restricted, alias hanya orang tertentu. Apalagi, pada saat bersamaan, sedang dilakukan maintenance komponen MotoGP.

Pada lantai 2 gedung YMR, sama sekali tidak boleh dikunjungi. Disinilah kantor manajemen tim MotoGP Yamaha yang dikomandoi Lin Jarvis.

LEAVE A REPLY