Habibie Kirimkan Surat Untuk Jokowi Tentang Hukuman Mati Zulfikar
Habibie Kirimkan Surat Untuk Jokowi Tentang Hukuman Mati Zulfikar

Mantan Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie mengimbau Presiden Jokowi untuk meninjau kembali pelaksanaan hukuman mati. Imbauan tersebut disampaikannya melalui surat yang beredar jelang pelaksanaan eksekusi mati tahap III dan ditujukan kepada Jokowi.

“Saya menghimbau kepada Bapak Presiden untuk meninjau keputusan eksekusi tersebut,” tulis Habibie melalui suratnya yang diterima Rimanews di Jakarta, Kamis (28/7/2016).

Dalam surat yang ditujukan kepada Jokowi tersebut, Habibi mengatakan bahwa dari laporan advokat dan lembaga swadaya masyarakat menyatakan salah seorang terpidana yakni Zulfikar Ali tidak bersalah. Karena itu dia menghimbau Presiden untuk meninjau kembali keputusan eksekusi mati tersebut.

baca: Israel Bertekuk Lutut Terhadap Indonesia

“Pada kesempatan ini saya pula ingin menyarankan kepada Bapak Presiden untuk mempertimbangkan kembali penetapan kebijakan moratorium kebijakan hukuman mati,” tulis Habibi.

Hal tersebut, kata Habibie, dikarenakan lebih dari 140 negara sudah menetapkan atau menghapus kebijakan hukuman mati.

Seperti diketahui, sebanyak 14 terpidana yang akan menjalani eksekusi tersebut adalah narapidana kasus narkoba, diantaranya adalah Freddy Budiman, Merry Utami dan Zulfiqar Ali.

Screenshot-072916-021504-AM

LEAVE A REPLY