Jejakmalam.com – Media sosial baru-baru ini diramaikan dengan sebuah video seorang imam yang ‘main’ handphone ketika shalat. Dari rekaman itu terlihat imam salat yang sedang membacakan Surat Al Fatihah tiba-tiba mengambil ponselnya yang tersimpan di saku baju, inilah cuplikan pada saat beliau bermain hand phone ketika shalat..

Informasi yang didapat dari video unggahan ini,  imam itu bernama Ustaz Khairul Ikhwan. Rekaman itu didapat saat beliau sedang mengimami shalat isya dan tarawih.

Banyak perbedaan pendapat dari para ulama mengenai membaca Al Quran ketika shalat dari mushaf atau handphone secara langsung.

Beberapa ulama menganggap membaca mushaf termasuk merupakan gerakan yang terlalu banyak. Sehingga akan mengurangi kekhusyuan shalat.

“Jika ada orang yang shalat sambil membaca mushaf, maka shalatnya batal menurut Imam Abu Hanifah, sementara menurut Abu Yusuf dan Muhammad asy-Syaibani (dua murid senior Imam Abu Hanifah), shalatnya sah, namun makruh. Kemudian Imam asy-Syafii berpendapat, “Tidak makruh.” (Bada’i ash-Shana’i, 1:236).

LEAVE A REPLY