3 Bank Besar Indonesia Jatuh ke Tangan Cina
3 Bank Besar Indonesia Jatuh ke Tangan Cina

Penguasaan sektor finansial oleh Cina semakin jelas.Dampaknya Indonesia semakin terjajah secara ekonomi oleh Cina. Karena 3 Bank BUMN yaitu PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk, dan PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk pinjam ke Cina Development Bank (CDB).

Sebelumnya, Meneg BUMN Rini Soemarno, menandatangani pinjaman dengan BOC (Bank Of China) senilai Rp 570 triliun. Rini juga berusaha memasukkan modal dari CDB dan BOC ke bank-bank BUMN dengan demikian perlahan terjadi penguasaan terhadap sektor finansial yang menjadi tulang punggung ekonomi nasional.

“Ini menandakan ada kepentingan tersembunyi dari Menteri BUMN Rini Soemarno. Utang itu beban bagi bangsa Indonesia khususnya bank-bank tersebut,” jelas seorang pengamat ekonomi Muslim. Cina sangat berkepentingan menguasai perekonomian Indonesia dengan memberikan utangan.”Kalau Bank BUMN sudah dikuasai China, maka dengan mudah negeri tirai bambu itu menguasai Indonesia,” tambahnya.

Sebelumnya,3 bank  pelat merah memperoleh pinjaman senilai total US$3 miliar atau sekitar Rp43,5 triliun (kurs Rp 14.500 per dolas AS) dari China Development Bank (CDB). Ketiga bank yang memperoleh pinjaman tersebut yakni PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk, dan PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk.

Penandatanganan kesepakatan pinjaman dilakukan Direktur Utama Bank Mandiri Budi G. Sadikin, Direktur Utama BRI Asmawi Syam, dan Direktur Utama BNI Achmad Baiquni dengan President Of China Development Bank Zheng Zhijie yang disaksikan Menteri BUMN Rini Soemarno dan Minister/Chairman of National Development and Reform Comittee Xu Shaoshi di Beijing,Cina,Rabu (16/9/2015) malam.

Indonesia menjadi anak jajahan Cina yang memang memiliki kepentingan di Indonesia, dan Jokowi memfasilitasi kepentingan juragan Cina yang mengambil alih Indonesia. Sungguh sangat berbahaya bagi masa depan anak cucu.

2 COMMENTS

  1. Saya keturunan cina. Dari Kakek saya sudah lahir di Indonesia. Saya bangga dengan ulasan anda ttg jokowi. Namun utk ulasan diatas terlihat perspektif anda terhadap anti ras dan diskriminatif kepada etnis keturunan cina.

LEAVE A REPLY